Cara Mengatasi Jetlag

02 Aug 2018

Keadaan ini akan semakin parah jika kamu harus melintasi tiga zona waktu berbeda. Selain mengalami gangguan tidur, kamu juga akan merasa sakit kepala, bahkan gangguan pencernaan.

Nah agar perjalanan liburanmu tidak berakhir jet lag dan  berikut cara mengatasi jetlag.

  • Kalau kamu hanya tinggal sebentar (1-2 hari) di kota tujuan, ada baiknya kamu tetap beraktivitas dengan berpatokan pada zona waktu di kota kamu berasal, sementara jika kamu tinggal lebih lama, cobalah untuk memulai beraktivitas sesuai waktu di kota tujuan 1-2 hari sebelum berangkat untuk memudahkan beradaptasi.
  • Jauhi kafein dan penuhilah kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air sebelum, saat, dan setelah terbang. Kafein dan alkohol dapat mengganggu ritme tidur dan bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Mandi air panas sebelum tidur bisa meringankan otot yang sakit karena perjalanan dan membantu kamu relaks. Menurunnya suhu tubuh saat kamu selesai mandi juga mengundang kantuk datang, sehingga tidur akan lebih nyenyak.
  • Lakukan manipulasi cahaya. Sepulang dari liburan kamu bisa mengatur cahaya penerangan di rumah atau atur diri kamu pada saat yang tepat kapan dapat terpapar cahaya. Ini untuk mempercepat adaptasi kamu terhadap waktu lokal kembali.
  • Atur makananmu. Hindari makanan berlemak atau tinggi karbohidrat menjelang tidur karena dapat mengganggu tidur dan metabolisme tubuh kamu.