DESTINASI WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI KETIKA KALIAN BERLIBUR DI YOGYAKARTA

20 Jun 2018

Yogyakarta dengan keaneka ragaman hayati dan keindahan alamnya menjadikan Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata yang wajib dikunjungi sebagai destinasi wisata, bermacam-macam tujuan wisata yang dimiliki oleh Yogyakarta mulai dari yang berbau budaya yang kental dengan adat jawa, wisata alam, wisata belanja,wisata pendidikan, wisata yang memacu adrenalin, atau sekedar mencari tempat nongkrong  dapat kita temui di kota Yogyakarta. Daya tarik dan kekentalan budaya kota Yogyakarta membuat para wisatawan ingin kembali dan kembali untuk mengunjungi Yogyakarta, baik wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara.Berikut destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Yogyakarta:

  1. CANDI PRAMBANAN

    CANDI PRAMBANAN

    https://www.instagram.com/onezliano/

    Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara yang dijadikan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.  relief yang mengelilingi dinding candi menceritakan menceritakan tentang kehidupan masalalu, termasuk asal usul keberadaan candi ini Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

  2. LAVA TOUR MERAPI

    Diklikjogja tour - LAVA TOUR MERAPI

    Wisata Jeep Offroad Merapi Lava Tour saat ini masih menjadi wisata primadona bagi wisatawan yang datang di Jogja. wisata ini merupakan sebuah perjalanan menggunakan mobil Willys yaitu mobil jeep yang dipakai saat perang dunia ke II. Dengan mobil jeep ini kita akan menyusuri kawasan yang terdampak erupsi gunung Merapi pada tahun 2010, yang tentunya akan memacu adrenalin kita karena akan melawati jalan yang terjal maupun curam. sepanjang jalan anda akan menikmati beberapa destinasi seperti museum sisa hartaku, bunker kaliadem, atau rumah mbah marijan.

  3. KERATON YOGYAKARTA

    Diklikjogja tour - KERATON YOGYAKARTA

    Berdiri megah di jantung kota, Keraton Yogyakarta menjadi detak yang memberikan ruh pada kota budaya ini. Istana ini merupakan bukti bahwa budaya dan tradisi yang masih dihidupi akan mampu bersinergi dengan laju modernisasi. Pengabdian yang tulus dan cinta yang besar adalah kunci dari semuanya.

    Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat) merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

    Menyusuri istana yang masih difungsikan sebagai tempat tinggal raja dan keluarganya hingga kini akan menjadi perjalanan yang menyenangkan dan sarat pengetahuan. Kompleks Keraton Yogyakarta terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian yang boleh dikunjungi wisatawan serta bagian yang tertutup karena menjadi pusat kegiatan keluarga kerajaan. Beberapa bagian yang tidak boleh dimasuki oleh pengunjung antara lain Gedhong Jene (tempat untuk menyambut tamu kerajaan), Gedhong Purworetno (ruang kerja Sultan sebagai Raja Yogyakarta), Bangsal Kencana, Bangsal Trajumas, serta Kaputren. Meski begitu kamu tak perlu khawatir, ada banyak bagian lain yang bisa kamu sambangi dan eksplorasi.

  4. TAMANSARI

    Tamansari adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.Taman Sari, sebuah bangunan unik lengkap dengan kolam pemandian, kanal air, jembatan gantung, hingga lorong bawah tanah. Tamansari berdiri di dalam komplek keraton, yang masih kental adat istiadatnya sehingga kita bisa berbaur dengan masyarakat sekitar jika berkunjung ke sana. Kita bisa mengenal masyarakat jogja yang sesungguhnya.  

    Satu tempat yang sangat popular di tamansari yaitu Umbul Pasiraman, merupakan kolam pemandian bagi Sultan, permaisuri, para istri (garwo ampil), serta para putri-putri raja. Kompleks ini dikelilingi oleh tembok yang tinggi. Untuk sampai ke dalam tempat ini disediakan dua buah gerbang, satu di sisi timur dan satunya di sisi barat. Di dalam gerbang ini terdapat jenjang yang menurun. Di kompleks Umbul Pasiraman terdapat tiga buah kolam yang dihiasi dengan mata air yang berbentuk jamur. Di sekeliling kolam terdapat pot bunga raksasa. Selain kolam juga terdapat bangunan di sisi utara dan di tengah sebelah selatan.

  5. MALIOBORO

    Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim, dan lain-lain di sepanjang jalan ini. Pengunjung juga dapat duduk-duduk menikmati suasana jogja di sini.  Malioboro adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang merupakan favorit para wisatawan. Bahkan, hampir semua orang yang pernah berkunjung ke kota ini pasti pernah menyambangi Malioboro. Malioboro tak pernah sepi, disana 24 jam selalu padat dikunjujngi oleh wisatawan domestic maupun mancanegara.

  6. TAMAN PINTAR

    Diklikjogja tour - TAMAN PINTAR

    https://www.instagram.com/jetswisata/

    Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wahana bermain sekaligus belajar untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta untuk menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains. Wahana bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahana permainan yang  tidak hanya mendidik, namun akan membuat buah hati Anda merasa senang. Taman pintar ini bisa dinikmati oleh anak-anak yang belum sekolah hingga anak-anak usia sekolah menengah untuk memperluas dan mempendalam pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung karena bisa dibilang secara sederhana, Taman Pintar Jogja adalah laboratorium dalam kemasan rekreasi.

    Taman Pintar didirikan atas gagasan dari Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE, Akt, MM yang selanjutnya dibangun diatas tanah seluas 12.000 m2. Wisatawan yang masuk ke taman ini bisa langsung mencoba dan menyaksikan hasil karya dari sebuah inovasi dan teknologi dan permainan yang sangat menarik dan banyak bermuatan edukasi pagi anak-anak.

  7. KEBUN BINATANG GEMBIRALOKA

    Saat bepergian ke Yogyakarta bersama balita, jangan lupa luangkan waktu seharian untuk menikmati Gembira Loka. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta. Di Gembiraloka dapat melihat keragaman aneka satwa, mulai dari gajah, ular, monyet, hingga burung. Serta kita bisa memberi makan hewan- hewan disana. Kalo jam kunjujngan pas,kita juga bisa berfoto dengan satwa disana.. selain melihat beragam satwa, disana kita juga dapat melihat  perahu katamaran, speed boat, dan bumper boad karena ada sebuah danau buatan yang diberi nama danau mayang tirta yang berada ditengah-tengah kebun binatang.

  8. PANTAI PARANGTRITIS

    Pantai Parangtritis adalah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset sambil having fun menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis. Pada umumnya, daya tarik objek wisata pantai terletak pada pasir putihnya yang membentang. Namun, pasir Pantai Parangtritis justru berwarna hitam. Meskipun demikian, pilihan aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di tempat wisata di Jogja ini cukup banyak dan beragam. Bukan hanya itu, pada malam hari, pengunjung juga bisa menikmati suasana pantai yang menakjubkan. Minimnya cahaya akan membuat pemandangan langit di malam hari yang dipenuhi bintang terlihat semakin cantik. Sebagai pelengkap, Anda bisa menikmati kerenyahan jagung bakar sembari menghangatkan badan dengan wedang ronde. Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan.

  9. HUTAN MANGROVE KULON PROGO

    Hutan mangrove menjadi satu-satunya hutan bakau yang bisa diakses para wisatawan  untuk melihat dan menikmati eksotisme dan keindahan dari alam disekitar. Tanaman yang disekitar hutan mengrove ini memang digunakan sebagai konservasi dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi. Disini terdapat berbagai macam spot foto yang sangat digemari wisatawan. Apalagi di jembatan api-api paling banyak menyedot wisatwan karena spot foto nya sangat bagus dengan latar belakang pohon yang rindang dan menawan. Selain itu, kita jug dapat menaiki perahu wisata untuk mengelilingi hutan mangrove ini. Di kawasan hutan mangrove Congot seluas 3 hektar yang membentang di aliran Sungai Bogowonto, dan anak Sungai Bogowonto tersebut tidak hanya ada satu spot wisata, tetapi terdapat empat area wisata, yaitu Jembatan Api Api, Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit, dan Maju Lestari.

  10. KALIBIRU

    Kalibiru menjadi salah satu destinasi favorit wisata jogja, karena menghadirkan keindahan alam pengunungan yang hijua.ada sejuta pesona yang dihadirkan yang dapat memukau anda. Tempat ini mempunyai daya tarik yang sangat unik, yaitu pengunjung dapat menikmati keindahan waduk sermo dari atas bukit, selain itu pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan mnaiki gardu pandang yang sudah disediakan oleh pengelola. Pemandangan bukit yang hijau dan asri sangat memanjakan mata ikita untuk terus menatap pemandangan sekitar. Terdapat beberapa spot foto yang nge hits di kalibiru yang menjadikan  anda segan untuk beranjak dari sini.

sumber : www.wikipedia.org