Siapkan Ini Sebelum Terbang Long-hours untuk Perjalanan Bisnis

31 Jul 2018

Sebagai eksekutif, tentunya kita harus siap melakukan perjalanan bisnis ke mana saja. Untuk itu, stamina dan fokus harus selalu prima. Namun bagaimana jika tujuannya ke negara yang zona waktunya berbeda jauh dengan kita? Kerap kali tubuh jadi kelelahan, atau bahkan bisa berujung jetlag setelah penerbangan panjang. Nah, khusus untuk perjalanan long-hours seperti ini,

  1. Siapkan perubahan kebiasaan jam makan dan tidur
    Salah satu hal yang dirasakan saat jetlag adalah sulitnya menyesuaikan pola ritme tubuh terhadap zona waktu yang baru. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan perlahan menyesuaikan pola tubuh beberapa hari sebelum berangkat. Kamu bisa mengatur jadwal makan dan tidur sesuai waktu di negara tujuanmu. Ketika sampai, tubuh jadi tak kaget lagi, deh.
  2. Hindari kafein
    Sebelum dan sesudah berangkat, ada baiknya kamu puasa dulu dari segelas kopi pagi. Pasalnya, zat diuretic dalam kafein bisa mempengaruhi cara kerja alami tubuh seperti mempercepat jantung, dan “menipu” otak kita hingga kantuk hilang. Biarkan tubuh menyesuaikan dengan caranya sendiri.
  3. Perbanyak minum air
    Kamu butuh lebih banyak minum pada saat traveling, di saat kulit lebih mudah kehilangan cairan dari keringat atau dari lingkungan yang ber-AC. Tidak masalah jika harus bolak-balik ke kamar mandi, karena tubuh memang harus mengeluarkan lebih banyak zat sisa dari makanan dan minuman kemasan lewat urin. Selain itu, kombinasi tubuh yang dehidrasi serta tak banyak bergerak bisa mengakibatkan masalah penggumpalan darah.
  4. Usahakan tidur selama perjalanan
    1 kursi sempit memang nggak bisa menandingi nyamannya tempat tidur di rumah, tapi cobalah sebisa mungkin untuk tidur. Jangan lupa bawa sleeping mask dan earphone untuk mendengarkan musik pengantar tidur favoritmu. Pilih pakaian yang nyaman agar kamu rileks. Jika kamu berniat minum obat tidur, setialah pada obat yang biasa kamu minum. Jika baru pertama kali, ada baiknya lakukan tes dulu sebelum berangkat, karena tubuh kita bisa merespon obat secara berbeda.
  5. Jangan membawa terlalu banyak bawaan
    Tentunya kamu tak mau kan, kalau area kakimu dipenuhi dengan barang-barang dalam penerbangan 14 jam? Simpan semua barangmu di dalam kabin pesawat dan sisakan hanya yang benar-benar diperlukan dalam jangkauanmu selama penerbangan.